Cara Alami Mencegah Gigi Berlubang


Mencegah gigi berlubang secara alami. Hari ini kita akan membahas tentang ayat-ayat kesehatan gigi. Sambil terus membaca tulisan ini coba Anda ingat-ingat kapan terakhir kali Anda mengalami sakit gigi? Semoga tidak ya. 

Sakit gigi pada umumnya disebabkan oleh kondisi gigi berlubang yang sudah begitu parah. Satu-satunya cara untuk mencegah terjadinya sakit gigi ya dengan mencegah gigi berlubang. Hmm kira-kira sulit apa tidak ya caranya?

Apa Penyebab Gigi Berlubang?

Proses terjadinya gigi berlubang tidaklah sebentar. Dibutuhkan waktu yang relatif panjang untuk bakteri-bakteri gigi hingga mampu membuat sebuah lubang di sana. Pada awalnya Anda tidak akan merasakan apa-apa saat lubang di gigi Anda baru berukuran mikroskopis. Rasa ngilu kemudian akan mulai terasa ketika lubang mikroskopis semakin banyak dan melebar.



Kenapa sampai bisa ngilu? Nah, rasa ngilu di gigi terjadi ketika lubang-lubang kecil yang terdapat di sana berkontak dengan makanan atau minuman yang kita konsumsi, terutama yang mengandung gula. 

Substansi makanan akan menerobos masuk melalui lubang kecil tersebut hingga mengenai serabut syaraf, jauh di dalam sana. Kemudian terjadilah ngilu yang sering disebut-sebut dengan istilah gigi sensitif.



Apakah lubang mikroskopis di gigi bisa metutup lagi? Jawabannya bisa saja tapi dengan syarat. Syarat ini tidak sulit kok, malahan sangat mudah. Anda hanya butuh niat dan tekad saja untuk bisa melakukannya. Ingat ya lubang yang bisa menutup lagi adalah yang masih berukuran sangat mikro!



Tahukah Anda? Jika sudah terjadi yang namanya 'gigi sensitif' itu artinya gigi Anda sudah berteriak meminta haknya. Sadarkah Anda kalau gigi berlubang itu adalah akibat dari sebuah 'kezaliman' yang telah Anda lakukan pada gigi Anda dalam waktu relatif lama? 

Saya bisa menebak (bahkan memastikan) kalau orang yang menderita sakit gigi itu pasti tidak menjaga kebersihan gigi dan mulutnya dengan baik setiap hari. Saya bisa memberikan pernyataan seperti itu karena saya sudah mengalaminya sendiri di waktu kecil.



Lubang di gigi tidak muncul secara ajaib dalam semalam. Hanya saja seringkali orang kurang menyadari tanda-tanda yang diberikan oleh gigi kita. Oh iya selain membersihkan gigi, sebaiknya Anda juga membersihkan plak gigi secara berkala. Tindakan tersebut akan memberikan perlindungan ganda pada gigi Anda.



Cara Alami Mencegah Gigi Berlubang

Izinkan saya menebak ya, Anda sudah familiar kan dengan sebuah peribahasa yang berbunyi "Lebih baik mencegah daripada mengobati"? Peribahasa legendaris ini pas banget dengan tema kita hari ini. Kebetulan banget kan? Hehe...



Berdasarkan pengalaman saya ketika harus menangis karena sakit gigi ketika remaja dulu, saya jadi bisa menarik sebuah kesimpulan terkait penyakit yang tergolong banyak diderita oleh orang Indonesia ini. 



Kalau gigi Anda sudah memiliki lubang maka itu artinya problematika kehidupan  gigi telah dimulai. Maka dari itu sebelum masalah melebar ke kanan dan ke kiri sebaiknya Anda beraksi sekarang juga. Sambil menamatkan satu demi satu kata-kata yang saya tuliskan, ada baiknya Anda ketahui dulu cara merawat gigi agar tidak berlubang.



Seperti biasanya saya lebih suka melakukan perawatan dengan bahan alami daripada kimia. Menurut saya selama masih bisa menggunakan yang alami, kenapa harus memakai bahan kimia? Betul bukan? Inilah cara mencegah sakit gigi ala saya.



Pertama, selalu jaga kebersihan gigi dan mulut Anda. Gigi adalah sebuah aset yang sanget berharga bagi manusia. Tanpa gigi dan mulut yang sehat, hampir dapat dipastikan kualitas hidup seseorang juga akan menurun drastis. 

Apa pasal? Agar tubuh selalu berada pada kondisi normalnya maka kita harus selalu mengunyah makanan dengan baik. Jika tidak, bisa diprediksi kondisi Anda akan memburuk dalam kurun waktu yang relatif cepat.



Cara membersihkan gigi yang biasa saya lakukan bukanlah gosok gigi di pagi dan sore hari berbarengan dengan saat mandi saja. Saya menggosok gigi di waktu yang berbeda yaitu pagi hari setelah sarapan, sore hari ketika mandi, dan malam hari sebelum tidur. Kalau habis ngemil atau pas makan siang cukup berkumur saja karena agak ribet gosok giginya.



Sebenarnya waktu ideal untuk gosok gigi adalah setiap kali habis makan dan setiap kali habis minum minuman selain air putih, terutama susu. Psst...susu pakai gula ini hebat banget lho dalam hal menggerogoti gigi. Tidak percaya? Boleh silakan buktikan sendiri. Saya sudah membuktikannya dulu dan akhirnya sangat tersiksa.



Kedua, saya menggunakan dental floss untuk membersihkan makanan yang nyelip diantara deretan gigi. Kenapa ini penting? Karena sisa makanan yang nyelip dan tidak dibersihkan akan membusuk dan mengundang bakteri. Masih ingin giginya utuh bukan? Rajinlah melakukan dental floss. Alatnya biasa dijual di minimarket ternama.



Ketiga, Anda dapat juga menggunakan cairan kumur dengan kandungan anti bakterial di dalamnya untuk lebih menyempurnakan pencegahan. Cairan pembersih gigi dan mulut seperti ini biasanya dijual bebas di minimarket. Ingat ya cairan ini harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak karena takutnya malah ditelan oleh mereka karena tidak tahu.



Gigi Terlanjur Berlubang

Ibarat nasi sudah menjadi bubur, gigi yang sudah berlubang (I am so sorry to say) ini tidak bisa disembuhkan. Dalam artian dikembalikan pada kondisi semula. Gigi berlubang hanya bisa dirawat sedemikian rupa agar jangan sampai lubang bertambah besar.



Cara merawat gigi berlubang agar tidak sakit bisa dimulai dengan cara yang sama seperti langkah pencegahan di atas. Namun jika lubang sudah agak besar sebaiknya Anda meminta dokter gigi untuk menambal lubang di gigi Anda tersebut. Biaya tambal gigi berlubang bisa bervariasi tergantung kondisi pasien.



Menambal gigi juga termasuk cara mencegah sakit gigi berlubang lho. Meski memang pada kenyataannya gigi sudah berlubang, dengan menambalnya diharapkan lubang tidak akan terus melebar. Gigi Anda juga akan aman dari resiko sakit gigi. 

Minusnya tambal gigi adalah terkadang logam penambal bisa terlepas. Kata tetangga saya, dia bahkan pernah tidak sengaja menelan tambal giginya yang ikut terlepas ketika dia mengunyah makanan. Waduh!



Jika Anda tidak segera menambal gigi maka lubang akan bertambah besar seiring berjalannya waktu. Cara menghilangkan gigi berlubang besar ya hanya satu yaitu melalui operasi cabut gigi. 

Oh iya meski termasuk dalam kategori operasi kecil, operasi cabut gigi juga memiliki resiko cukup besar. Jika posisi gigi berlubang ada di geraham atas, operasi beresiko menyebabkan rusaknya syaraf di sekitarnya. Termasuk syaraf mata katanya. Horor kan?



Problem berat yang harus dipikul para penderita gigi berlubang selain sakit gigi adalah bau mulut karena gigi berlubang. Ini merupakan sebuah fakta besar yang tidak dapat dinafikkan lagi. 

Lubang di gigi akan menjadi tempat berkumpulnya sisa makanan. Sisa makanan yang terperangkap di lubang tersebut akan membusuk bersama koloni bakteri. Inilah yang membuat mulut jadi sangat bau.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah operasi cabut gigi dilakukan maka biasanya Anda akan merasa ada yang aneh di mulut. Ini dikarenakan salah satu gigi Anda telah hilang. Tenang saja, rasa aneh ini akan menghilang seiring dengan terbiasanya Anda dengan formasi baru tersebut.

Sumber sakit gigi mungkin sudah hilang di meja operasi. Tapi Anda tidak boleh bersantai ria seenak hati. Masalah yang sama bisa saja terulang jika Anda tidak menjaga kebiasaan baik dalam merawat kebersihan gigi dan mulut. 

Saya percaya bahwa gigi yang sehat pastilah gigi yang bersih. Jika lingkungan gigi Anda kotor maka cepat atau lebih cepat sakit gigi akan kembali.

Sekedar info ya guys, sakit gigi itu rasanya super ngilu. Meski sudah berlalu bertahun-tahun yang lalu tapi saya masih ingat betul bagaimana saya sampai demam dibuatnya. Sejak saat itu alhamdulillah saya jadi sadar dan selalu berusaha untuk memenuhi hak-hak gigi dan mulut saya untuk sehat. 

Tanpa gigi yang sehat dijamin Anda tidak akan bisa menikmati santapan lezat apapun. Judulnya cuma satu yaitu sakit, ngilu, cenut-cenut! Obat pereda nyeri di apotek mungkin akan meredam rasa nyeri sementara tapi INGAT!!! Obat tersebut senyatanya tidak menyembuhkan kondisi gigi Anda yang sakit (berlubang) tapi hanya meredakan nyeri sesaat.

Sebagai aset mahal, gigi dan mulut harus senantiasa dilindungi dan dijaga kebersihannya. Baik yang belum ataupun yang sudah terlanjur sakit giginya, jika Anda tidak mau mengalami kejadian seperti itu secara berulang sebaiknya praktekkan tips di atas dengan konsisten.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya! ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Cara Alami Mencegah Gigi Berlubang"