Cara Mengharumkan Lemari Es Agar Bebas Bau

cara mengharumkan lemari es

Cara agar lemari es tidak bau. Hari ini saya akan berbagi pengalaman saya ketika berhadapan dengan bau tidak sedap pada lemari es. Dari sekian banyak tips yang dapat saya temukan di internet, mungkin cara ini akan sedikit berbeda dengan yang lainnya. Langsung saja kita ulas bersama cara menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. Baca terus!

Sebelum menulis ini saya sudah lebih dulu mencari tips untuk menghilangkan bau amis di lemari es di mesin pencari. Ada banyak hasil pencarian yang terlampir. Apesnya, isi dari kebanyakan artikel hanya hal yang sama. Hanya situsnya saja yang berbeda. Ugh!

Pernah menghadapi pengalaman yang sama terkait bau di lemari es, saya pun berinisiatif untuk berbagi pengalaman. Syukur-syukur ini akan bermanfaat bagi khalayak ramai.

Fungsi Lemari Es

Benda ini adalah sebuah tempat penyimpanan yang hampir selalu ada di sebagian besar rumah penduduk. Sesuai dengan namanya, lemari es pasti bisa dipakai untuk membuat es. Hehe... Akan tetapi ternyata ada juga banyak fungsi lain dari kulkas. Salah satunya untuk menyimpan stok bahan makanan sehari-hari.

Tidak hanya mampu membuat benda cair berubah jadi beku, kulkas juga mampu menjaga kesegaran bahan makanan Anda lebih lama. Mulai dari sayur mayur, buah-buahan, sampai sirup kesukaan Anda semua bisa disimpan di sana.

Dengan teknologi yang  mutakhir seperti itu saya rasa tidak mengherankan jika lemari pendingin selalu  menjadi primadona di tengah keluarga.

Penyebab Bau Tidak Sedap Pada Kulkas

Pada umumnya, ketika lemari es masih dalam kondisi baru semua fungsinya masih berjalan normal. Anda bisa menyimpan makanan dan minuman apa saja di dalamnya. Mulai dari sayuran hingga buah-buahan dan juga daging.

Kadang saking banyaknya bahan makanan yang dimasukkan ke dalam lemari es, kita tidak ngeh mana makanan yang baunya menyengat dan mana yang tidak. Semua akan menjadi satu saat masuk ke dalam sana. 

Oh iya, tahukah Anda apa sebenarnya yang membuat lemari es berbau kurang sedap? Faktanya, terdapat beberapa faktor utama yang bisa mengacau kesegaran lemari es. Berdasarkan pengalaman saya, benda di bawah inilah yang bisa menimbulkan aroma tak sedap di dalam kulkas Anda. Check them out!


1. Sayuran

Menyimpan aneka jenis sayuran di dalam lemari es adalah sebuah hal yang sangat umum dilakukan. Mengapa? Jawabannya adalah karena lemari es bisa membuat kesegaran sayur mayur terjaga lebih lama. Namun perlu diketahui, ada satu hal yang wajib diperhatikan perihal penyimpanan sayur mayur.

Poinnya, Anda harus mengingat sayuran mana yang Anda simpan lebih awal. Selain harus memasak sayur yang telah lebih dulu dibeli, sebaiknya jenis sayur yang lebih mudah busuk juga  didahulukan. Biasanya jenis sayur berdaun adalah yang lebih cepat busuk.

Jika Anda menemukan ada sayur yang mulai membusuk, segera keluarkan dari kulkas dan buang. Sayuran yang mulai mengalami pembusukan tidak hanya membuat lemari es Anda jadi bau tapi juga kotor. Sayuran yang membusuk akan mengeluarkan aroma tidak sedap di kulkas jika tidak segera dibersihkan.


2. Buah-buahan

Hal yang sama juga berlaku untuk aneka jenis buah segar. Menyimpan buah favorit di lemari es sudah menjadi kebiasaan saya sejak lama. Hal yang perlu diperhatikan adalah meski kulkas dapat membuat buah jadi lebih awet, lama penyimpanan buah juga mesti diperhatikan.

Buah yang Anda beli di toko atau pasar tidak selalu dalam keadaan yang masih segar. Betul? Tak jarang buah-buahan itu sudah sedikit layu ketika dijual. Maka dari itu pastikan untuk menghabiskan buah secepat mungkin. Buang segera ketika Anda mendapati beberapa buah yang Anda simpan sudah mulai menampakkan tanda pembusukkan.

Buah yang membusuk di dalam lemari es adalah penyumbang bau tak sedap yang cukup merepotkan bagi Anda. Aroma kecut yang keluar darinya akan mempengaruhi aroma makanan lain yang ada di lemari es. Cek selalu stok buah Anda ya?!


3. Daging

Di beberapa belahan dunia terdapat beberapa kelompok manusia yang tidak dapat hidup tanpa daging di setiap harinya. Daging memang sangat bergizi dan penuh dengan protein dan juga lemak. Kabar buruknya, daging juga memiliki aroma yang cukup menyengat.

Bau amis dari daging dapat membuat aroma di dalam kulkas Anda menjadi kurang sedap. Daging dapat menjadi semakin amis seiring dengan penurunan kesegarannya dari hari ke hari. 


4. Ikan

Jenis hewan yang hidup di perairan ini memang dikenal memiliki daging yang sangat lembut. gurih, serta berprotein tinggi. Sialnya, pada umumnya aroma ikan sangat amis. Pada beberapa jenis ikan aromanya bahkan bisa jauh lebih buruk.

Untuk menghindari bau busuk ikan sebaiknya beli ikan dalam kondisi segar. Setelah itu bersihkanlah ikan dengan seksama sebelum menyimpannya. Kemudian Anda dapat menyimpan ikan ke dalam freezer untuk digunakan keesokan harinya. Jangan disimpan terlalu lama, ya moms?!.


5. Sea Food

Siapa yang tidak suka seafood? Berbagai jenis binatang laut memiliki daging yang lembut, manis, dan gurih. Apesnya, kebanyakan sea food memiliki aroma yang lebih buruk daripada ikan air tawar. Beli sea food segar, bersihkan, dan barulah simpan ke dalam freezer.

Pastikan untuk mengolah bahan makanan tersebut segera setelah dibeli. Seafood yang disimpan terlalu lama selama beberapa hari akan membusuk dan tentu membuat lemari es Anda berbau  sangat menyengat.


6. Susu

Minuman berasal dari sapi ini dikenal kaya akan kandungan kalsium. Di luar kandungannya yang menyehatkan, susu juga punya aroma yang mungkin tidak disukai oleh semua orang. Menyimpan susu segar di dalam lemari es sebaiknya tidak dilakukan lebih dari sehari.

Susu segar sebaiknya dihabiskan di hari yang sama. Jika disimpan melebihi batas waktu tersebut maka susu akan menggumpal. Selebihnya susu akan membusuk. Kabar buruknya, aroma susu busuk ini bahkan lebih buruk dari yang Anda bayangkan.


7. Durian

Berduri di luar dan lembut di dalam, itulah buah durian. Buah ini tumbuh dengan baik di beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah durian dikenal dengan keunikannya yaitu mempunyai aroma yang cukup kuat.

Aroma buah durian yang telah matang dapat tercium dari jarak lebih dari 10 meter. Jika Anda ingin mencicipi buah tropis ini, pastikan untuk tidak menyimpannya terlalu lama di dalam lemari es. Aroma durian bisa tertinggal lama di kulkas Anda dan sulit untuk diusir. 


8. Bumbu Rempah

Indonesia dikenal dengan kekayaan rempah-rempahnya yang super lengkap. Saat membuat sajian kuliner para ibu tak jarang menggunakan berbagai bumbu untuk melezatkan masakannya. Sialnya, bumbu ini bisa jadi bencana untuk lemari es Anda.

Berbagai rempah-rempah aromatik yang Anda simpan di dalam lemari es bisa menjadi biang kerok dari adanya aroma tidak sedap di sana. Terlebih jika Anda menyimpannya dalam waktu lama. Bisa jadi sampai ada yang membusuk tanpa ketahuan.

Bumbu aromatik seperti kunyit, bawang merah, dan bawang putih sebaiknya tidak disimpan terlalu lama. Aromanya yang kuat akan membuat lemari es Anda berbau kurang sedap. Lebih baik membeli bumbu secukupnya saja tiap hari agar tidak usah menyimpan di lemari es.


Tips Mengusir Aroma Tak Sedap Dari Lemari Es

Terkadang meski sudah berusaha untuk menjaga kebersihan lemari es ternyata masih saja ada aroma tak sedap yang entah berasal dari mana. Ini adalah hal yang wajar terjadi. Agar bisa menyelesaikan masalah bau tidak enak di kulkas secara menyeluruh dengan beberapa cara alami yang dapat Anda coba di bawah ini.

1. Ampas Teh


Setelah menyeduh teh kesukaan Anda, jangan dulu membuang ampasnya. Ampas daun teh bisa Anda taruh di dalam kulkas seharian. Aroma segar dari teh tersebut akan menyamarkan aroma tidak sedap di dalam lemari es.

Namun ada satu hal yang perlu diingat. Jangan menaruh ampas teh tersebut lebih dari satu hari. Oke moms?!


2. Vanilla

Vanilla essence biasanya identik dengan bahan kue. Namun tahukah Anda jika bahan kue yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai penghilang bau tak sedap dalam lemari es? Cukup taruh beberapa jumput bubuk vanili di dalam mangkuk kecil dan tempatkan di kulkas Anda. Wangi khas vanilla akan membuat kulkas Anda jadi harum.

3. Ampas Kopi


Aroma kopi bisa begitu menggugah selera dan membangunkan semangat Anda di pagi hari. Setelah menyeruput kopi Anda hingga habis, ampas kopi dapat Anda taruh di dalam lemari es untuk menyamarkan bau tak sedap di dalam kulkas seharian.

Seperti halnya ampas teh, sebaiknya segera keluarkan ampas kopi dari dalam kulkas setelah sehari berlalu. Hmm...sekarang kulkas Anda jadi harum deh!


4. Melati

Bunga melati mungkin sering diidentikkan dengan hal mistis di pulau Jawa. Terlepas dari semua itu, Anda dapat menaruh beberapa buah bunga melati untuk mengharumkan kulkas. Coba deh! Keharuman aromaterapi khas melati akan menyelimuti seisi kulkas Anda.

Bagaimana? Mudah bukan cara mengatasi kulkas bau dan membuatnya jadi lebih harum? Benda-benda di atas dijamin anti bau kulkas. Selain mengaplikasikan cara menghilangkan bau tak sedap dari lemari es di atas, jika bisa sebaiknya jangan simpan berbagai jenis makanan di dalam lemari es terlalu lama.

Bagaimana kalau sudah mempraktekkan semua tips di atas tapi lemari es masih bau? Ini bisa jadi disebabkan oleh bau yang telah membandel. Untuk bau membandel dan menahun pada lemari es, tidak cukup menggunakan cara menghilangkan bau ataupun cara membersihkan kulkas biasa. Untuk itu mari coba cara di bawah ini.

Bau Membandel di Kulkas

Saat Anda menyadari kulkas Anda berbau, mungkin Anda merasa itu sudah terlambat untuk membersihkannya karena kulkas terlalu bau. Berbagai cara membersihkan lemari es bisa jadi sudah Anda praktekkan. Namun sudahkah Anda menggunakan cara membersihkan kulkas yang benar? Jawabannya belum tentu.

Jika kulkas Anda sudah sangat bau, satu-satunya cara adalah harus membersihkannya secara menyeluruh. Lakukan langkah demi langkah seperti yang dijabarkan berikut.

1. Defrost

Metode ini biasanya digunakan untuk membersihkan bunga es di freezer yang sudah menggunung. Untuk membersihkan kulkas yang bau, Anda juga perlu melakukan defrost. 

2. Cabut Kabel

Setelah defrost selesai, kini lemari es Anda bebas dari bekuas es batu. Langkah berikutnya adalah mencabut kabel dari stop kontak. 

3. Cuci Kulkas

Sekarang lemari es Anda tidak lagi terhubung dengan aliran listrik. Anda pun dapat membersihkannya secara lebih leluasa tanpa takut kesetrum. Gunakan cairan pembersih piring untuk mencuci kulkas. 

Tidak perlu memakai banyak air atau bahkan sampai menyiram kulkas Anda. Cukup seka kulkas Anda secara teliti menggunakan spons hingga sudut yang sulit terjangkau. Kemudian bilas menggunakan spons yang bersih. Lap sampai betul-betul bersih.

4. Keringkan

Setelahnya tentu Anda perlu untuk mengeringkan kulkas agar segera bisa digunakan kembali. Anda bisa membiarkan pintu kulkas terbuka hingga seisi kulkas kering dengan sendirinya. Cara lain, Anda juga bisa mengelapnya menggunakan lap bersih dan kering.

5. Hidupkan Kembali

Terakhir, hidupkan kembali lemari es saat semua bagiannya telah benar-benar kering. Cek secara teliti untuk memastikan tak ada lagi bagian yang basah. Colokkan kabel kulkas ke stop kontak dan biarkan kulkas menyesuaikan diri selama beberapa saat.

Wonderful! Kini Anda seperti memiliki lemari es baru lagi. Bau busuk yang tadi sangat mengganggu pun telah lenyap ditelan bumi. Hehe. Kulkas jadi cling dan wangi. Siap untuk menyimpan berbagai kebutuhan sehari-hari Anda seperti sedia kala.

Well, sekian dulu tips yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di tulisan berikutnya, insyaa Allah!  Punya pertanyaan tentang tulisan ini? Yuk langsung saja tinggalkan pesan Anda di kolom komentar?! Xo ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Cara Mengharumkan Lemari Es Agar Bebas Bau"