Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Kering Secara Alami & Ampuh!

perawatan untuk kulit kering

Assalamu'alaikum. Selamat datang di azkiarafanada.blogspot.com!

Memahami kondisi kulit adalah langkah awal untuk bisa melakukan perawatan yang tepat dan mendapatkan kulit wajah yang sehat, halus, dan kenyal sesuai impian Anda. Sayangnya, terkadang saat kulit wajah sudah bagus tiba-tiba ada kondisi yang menyebabkan kekeringan, misalnya salah pilih skincare.

Kabar buruknya, kulit wajah yang kering dan kasar bisa menimbulkan rasa gatal. Di samping itu, kondisi kulit seperti ini juga akan memicu tumbuhnya jamur kulit. 

Kalau sampai terjadi maka waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan kesehatan kulit seperti semula bisa menjadi lebih lama.

Penyebab Kulit Kering

Kekeringan mengindikasikan kurangnya jumlah cairan di dalam tubuh Anda. Lebih dari setengah tubuh manusia terdiri dari air. Untuk itu asupan cairan terutama air minum yang berkualitas adalah pokok utama yang wajib dipenuhi pertama kali jika Anda ingin menjaga kelembaban kulit.

Berikutnya, berkurangnya jumlah minyak alami pada permukaan kulit banyak juga disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Kurangnya waktu istirahat di malam hari serta terlalu banyak konsumsi junk food & fast food yang miskin nutrisi merupakan biang kerok yang sering tidak disadari.

Solusi untuk Kulit Kering

Pada umumnya orang akan mengatasi kulit kering dan bersisik dengan mengoleskan pelembab berbasis losion, krim, dan juga minyak. Ketiganya mudah ditemukan di minimarket maupun apotek-apotek dan dapat dibeli secara bebas.

Produk pelembab wajah seperti yang telah saya sebutkan di atas dapat  Anda jadikan sebagai pertolongan pertama. Kulit akan terasa lembab dan tidak kering lagi seketika itu juga. Sayangnya, perawatan ini tidak bisa memberikan hasil permanen. Kebanyakan pelembab hanya memberikan efek sementara pada kulit.

Agar kulit Anda tetap sehat, lembab, dan juga kenyal ada banyak sekali cara yang dapat dicoba. Anda hanya perlu memilah dan memilih mana yang dirasa paling baik dan cocok untuk Anda. 

Cara alami melembabkan kulit wajah di bawah ini bisa dijadikan sebagai solusi alternatif yang murah dan mudah.

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kasar Secara Alami

1. Madu

Di dalam kitab suci agama Islam yaitu Al-Qur'an (Q.S. An-Nahl : 69) madu disebut sebagai obat dari segala obat. Di samping sebagai obat untuk berbagai macam penyakit, madu juga sangat berkhasiat bagi kecantikan kulit.

Manfaat madu untuk kulit kering bisa Anda dapatkan dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Untuk hasil optimal, gunakanlah raw honey atau madu yang dipanen langsung dari sarangnya secara alami dan belum melewati proses pabrikan.

Gunakan masker madu dengan cara langsung mengoleskannya secara merata pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas menggunakan air bersuhu normal. Lakukan 2 kali seminggu.

Mengapa tidak dibasuh menggunakan air hangat? Pada kondisi kulit kering, air dengan suhu tinggi bisa membuat kekeringan semakin bertambah. Untuk itu, air bersih bersuhu normal lebih disarankan.

2. Buah Alpukat

Buah dengan kulit berwarna hijau ini dikenal luas dengan kandungan lemak baik yang melimpah di dalamnya. Kabar baiknya, di samping baik bagi kesehatan tubuh ternyata buah ini juga cocok untuk merawat kulit kering.

Cara menggunakannya yaitu dengan menghancurkan buah alpukat yang telah masak hingga menjadi seperti bubur, kemudian oleskan secara merata pada seluruh permukaan wajah yang telah dibersihkan. Bilas dengan air bersih setelah didiamkan selama 20 menit.

Efek menggunakan masker alpukat ini sangat bagus di kulit saya. Wajah akan berubah jadi lebih lembab, kenyal, dan juga ada sensasi glowing yang bersinar. Asyiknya, masker ini bisa digunakan setiap hari.

3. Minyak Zaitun

Buah zaitun juga menjadi salah satu tanaman yang namanya termaktub di dalam Al-Qur'an selain madu (QS An-Nur : 35). Manfaat buah zaitun sangat banyak sekali, termasuk untuk kecantikan kulit Anda.

Untuk bisa mendapatkan keistimewaan zaitun, gunakanlah minyak zaitun murni atau yang biasa disebut Extra Virgin Olive Oil 100%. Di pasaran ada banyak produk zaitun yang diperjualbelikan.

Perlu untuk diketahui bahwa produk minyak zaitun sebagai kosmetik pada umumnya telah dicampur dengan berbagai zat lain (misalnya mineral oil) sehingga sudah tidak murni.

Mengatasi kulit wajah kering dengan minyak zaitun bisa dilakukan dengan cara mengoleskan minyak tipis-tipis pada kulit yang telah dibersihkan sambil dipijat hingga meresap seluruhnya. Bonusnya, kulit juga akan tampak lebih glowing.

4. Air Minum Berkualitas

Cairan adalah kebutuhan pokok tubuh demi menjaga kesehatan sekaligus kecantikannya. Tanpa memenuhi kebutuhan cairan, tubuh tidak akan dapat memaksimalkan segala perawatan yang Anda lakukan dengan susah payah.

Konsumsilah air mineral dengan kualitas yang baik setiap hari dalam jumlah cukup. Tidak boleh kurang namun juga tidak boleh berlebihan. Ciri air minum berkualitas adalah jernih, tidak memiliki rasa, serta tidak berbau.

5. Lidah Buaya

Gel dari tanaman lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit wajah kering dan cenderung berjerawat. Anda bisa memanfaatkan gel dari tanaman lidah buaya langsung maupun dari produk aloe vera gel yang ada di pasaran.

6. Minyak Hati Ikan Hiu Laut Dalam

Melembabkan kulit dengan skin care berbasis minyak juga telah saya coba. Tips yang harus diperhatikan adalah selalu membeli produk yang berkualitas, memiliki izin edar resmi dari pemerintah, dan halal tentu lebih baik.

Oleskan minyak ikan hiu tersebut secara tipis dan merata pada seluruh permukaan wajah Anda yang telah dibersihkan sambil dipijat hingga benar-benar meresap. Gunakan setiap hari saat menjelang tidur di malam hari. 

Jika dilakukan secara teratur, insyaa Allah masalah kulit wajah yang kering bisa teratasi dalam waktu kurang dari sebulan.

7. Hindari Air Panas

Mandi dan membersihkan kulit menggunakan air hangat saat udara sedang dingin memang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia, contohnya di lingkungan saya. Apesnya, kebiasaan ini bisa membuat kulit Anda menjadi kering dan kusam.

Jika kulit wajah Anda sudah terlanjur kering, kusam, dan juga menunjukkan tanda-tanda mengelupas sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini. Gantilah air hangat dengan air bersih biasa dengan suhu normal.

Penutup

Itulah sedikit coretan tentang cara mengatasi wajah kering secara alami. Anda bisa memilih cara melembabkan kulit kering yang paling Anda sukai. Semuanya alami dan insyaa Allah resiko efek samping relatif kecil dan hampir tidak ada.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Sampai berjumpa di artikel berikutnya, insyaa Allah. Jika Anda punya pertanyaan, kritik, atau sekadar komentar terkait ulasan ini silakan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah sana. 

Terima kasih. ^_^



(diens)

1 komentar untuk "Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Kering Secara Alami & Ampuh!"

Comment Author Avatar
Salah satu masalah yang sering dialami para wanita adalah kulit kering. Setelah membaca artikel ini aku jadi tahu penyebab, solusi dan cara mengatasi kulit kering. Dan caranya bisa aku coba nih, supaya kulit aku tetap tampil sehat dan cantik.

Silakan tulis komentar Anda di sini. Semua komentar akan ditampilkan kecuali yang mengandung unsur SARA, pornografi, spam, dan perjudian. Have a good discussion!

Klik kotak Notify Me (Beri tahu saya) untuk mendapatkan pemberitahuan saat saya membalas komentar Anda. Dan please jangan tinggalkan link aktif. Terimakasih ^_^

Regard,
-diens-