Berbagai Khasiat Gandum Untuk Kesehatan

Khasiat gandum utuh untuk kesehatan

Dalam pengelompokan tumbuhan, gandum termasuk dalam kelompok serealia dari suku padi-padian yang masih berkerabat dengan beras. Gandum dikenal kaya akan kandungan gizi.


Kandungan nutrisi pada gandum yang sudah diolah menjadi roti gandum lebih tinggi daripada nasi dan mie. Gandum juga mengandung serat pangan yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama di perut Anda. 


Zat gizi yang terkandung dalam gandum diantaranya adalah: 

  1. serat pangan,  
  2. asam folat (folic acid), 
  3. protein, 
  4. vitamin E, 
  5. magnesium, 
  6. zat besi, 
  7. tembaga, 
  8. mangan, 
  9. fosfor, 
  10. seng, 
  11. magnesium, 
  12. vitamin B1 B2 B3 B6, 
  13. dan asam lemak esensial. 

Sebagai bahan pangan yang digadang-gadang memiliki begitu banyak manfaat positif bagi kesehatan, permintaan pasar akan gandum pun terus stabil sepanjang tahun bahkan cenderung mengalami peningkatan.


Berikut beberapa manfaat dari gandum utuh untuk kebaikan tubuh manusia:


1. Mencegah Penyakit Jantung

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa gandum dapat mencegah terjadinya penyakit jantung koroner. 


Pada setiap butir biji gandum terkandung serat pangan yang berfungsi mengikat kolesterol jahat (LDL) dalam darah untuk dibuang ke usus besar bersama feses tanpa diserap oleh usus halus.


Gandum juga mengandung folic acid (asam folat) yang mampu mengurangi kelebihan kolesterol dalam darah. Yuk cegah penyakit jantung mulai dari sekarang dengan gandum utuh!.

2. Mencegah Diabetes


Selain kandungan serat, gandum juga kaya akan magnesium yang berfungsi mengatur kadar glukosa dalam darah. Bagi para diabetesi disarankan untuk mengkonsumsi roti gandum utuh daripada roti dari bahan dasar selain gandum utuh.


3. Melancarkan Pencernaan

Pencernaan yang sehat adalah tolak ukur kondisi tubuh yang prima. 


Biji gandum dengan kandungan serat pangan dapat melancarkan proses pencernaan makanan dalam tubuh. Dengan pencernaan yang lancar, saluran cerna pun akan menjadi lebih sehat.


4. Anti Kanker

Untuk mendapatkan manfaat anti kanker dari gandum maka sebaiknya Anda mengkonsumsi gandum utuh (whole grain)


Tingginya jumlah serat yang terkandung di dalamnya dapat mencegah terjadinya kanker usus besar. Jangan tanggung-tanggung, sebaiknya Anda mengkonsumsi 3-4 porsi gandum utuh setiap harinya. 


5. Mencegah Sembelit

Sembelit adalah suatu kondisi dimana kita mengalami kesulitan saat buang air besar dikarenakan feses yang terlalu keras. 

Serat pangan yang terkandung di dalam biji gandum efektif guna mencegah terjadinya sembelit atau susah buang air besar dengan cara mencegah penumpukan feses di usus besar.

Feses yang menumpuk di dalam usus besar dan tidak segera dikeluarkan akan mengalami penyerapan ulang. Jika terjadi reabsorbsi cairan maka feses akan berubah menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan. Dengan gandum utuh, hal ini tidak akan terjadi.

6. Tubuh Langsing

Gandum punya kemampuan untuk melancarkan pencernaan serta menyerap kolesterol jahat. Selain itu dia juga kaya gizi dan dapat membuat Anda kenyang lebih lama. 

Rasa kenyang yang ditimbulkan ini akan menekan keinginan untuk ngemil

Gandum utuh sebagai menu diet merupakan pilihan yang bagus bagi Anda yang ingin memiliki tubuh langsing ataupun sedang dalam program menurunkan berat badan.

Seimbangkan juga dengan minum cukup air putih, makan buah-buahan dan olahraga teratur ya!.

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat yang tersimpan dalam setiap butir biji gandum utuh. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari gandum secara lebih maksimal, Anda disarankan untuk tahu juga tentang bagaimana cara menyimpan dan mengkonsumsinya. 

Agar tepat guna, konsumsi bahan pangan yang satu ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan energi per hari Anda ya. Jangan sampai makan lebih dari yang dibutuhkan karena sesuatu yang berlebihan tidak akan baik bagi tubuh. 

Bagaimana? Hidup sehat itu mudah bukan?. Cintai sehatmu, cintai tubuhmu. 

Untuk Anda yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal, perut rata, serta terbebas dari penyakit mematikan seperti diabetes dan jantung koroner, yuk mulai konsumsi gandum utuh dari sekarang?!.

Sekian untuk hari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel berikutnya, insyaa Allah! 

Punya pertanyaan? Lanjut ngobrol di kolom komentar, yuk?! ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Berbagai Khasiat Gandum Untuk Kesehatan"