Penyebab Sariawan Beserta Obat Sariawan Akut di Mulut

Bagaimana cara mengobati sariawan parah?
Cara mengobati sariawan membandel. Sariawan adalah sebuah penyakit rongga mulut yang belum diketahui secara pasti penyebabnya. Beberapa orang dapat mengalami sariawan secara berulang tanpa mengetahui penyebab sariawan membandel.


Sariawan dapat dikatakan membandel jika dia tidak kunjung sembuh hingga 7 hari atau lebih. Seperti yang tengah saya alami saat ini. Rasa perih dan nyeri membuat saya kesulitan makan dan minum. Dalam bahasa kedokteran, sariawan biasa disebut ulcer.

Apa Penyebab Sariawan Membandel?

Meski memang penyebab sariawan belum dapat diketahui secara pasti, sebetulnya ada beberapa pemicu terjadinya sariawan. Inilah daftar penyebab sariawan bandel berdasarkan pengamatan saya;
1. Tidak sengaja tergigit saat makan,
2. Luka saat menyikat gigi,
3. Stress,
4. Sakit maag.

Itulah beberapa penyebab sariawan berkepanjangan yang sering saya alami. Butuh waktu cukup lama untuk menyadari bahwa poin di ataslah yang sebetulnya menjadi penyebab sariawan terus menerus pada saya. Syukurlah sekarang sudah tahu apa penyebabnya sehingga bisa melakukan tindakan pencegahan sejak dini.


Sariawan dapat muncul di bagian manapun di seluruh rongga mulut. Dari seluruh bagian mulut ternyata ada bagian yang sangat disukai oleh sariawan untuk tumbuh, yaitu;
1. Sariawan di bibir,
2. Sariawan di lidah,
3. Sariawan di gusi,
4. Sariawan di langit-langit mulut,
5. Sariawan di pipi bagian dalam.

Dari semuanya itu yang paling membuat ngilu adalah sariawan di lidah. Jika Anda pernah mengalami sariawan di lidah pasti paham betul seperti apa rasanya. Harus bersabar menunggu sariawan membaik. Pada umumnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu satu minggu. Bergantung pada kondisi setiap individu.

Untuk kasus yang sedang saya alami ini sudah berlangsung sekitar 2 minggu lamanya. Bisa jadi ini disebabkan oleh kondisi kesehatan badan saya yang kurang vit. Meski sariawan bisa sembuh sendiri jika dibiarkan, saya tetap tidak kuat menahan ngilunya. Ingin segera sembuh!


Obat Sariawan yang Manjur

Ini adalah informasi yang paling dinanti oleh para penderita sariawan akut. Yaitu tentang bagaimana cara mengobati sariawan dengan cepat. Apa obat sariawan yang paling ampuh sedunia? Baca terus!


Setelah mengalami sariawan silih berganti selama puluhan tahun saya pun jadi paham terhadap bagaimana cara mengatasi sariawan dengan benar. Saya sampai khatam bab sariawan saking seringnya terkena sariawan. Seperti sudah menjadi sahabat karib.

Ada berbagai cara mengobati sariawan yang bisa Anda coba. Dari semuanya itu orangtua saya lebih menyarankan untuk menggunakan obat sariawan alami yang ampuh untuk orang dewasa dan anak-anak. Salah satu pertolongan pertama pada sariawan adalah larutan garam.


Baca juga:

Selain cara alami Anda juga bisa memilih pertolongan dari apotek. Banyak obat sariawan yang menjanjikan kesembuhan secara instan. Tagline mereka adalah "Oles sedikit, sembuh deh!". Ada yang paham? Hihi...

Selain obat sariawan oles, ada juga obat pereda panas dalam untuk diminum. Mulai dari larutan penyegar hingga minuman serbuk dengan berbagai rasa siap untuk Anda pilih sebagai penolong dengan harapan sariawan segera sembuh dan bisa makan bakso mercon lagi. :p

Obat Sariawan Oles yang Aman

Obat sariawan cair ini banyak tersedia di berbagai apotek. Salah satu yang sudah pernah saya gunakan adalah merk GOM dan ALBOTHYL. Bahkan merk GOM sudah saya gunakan sejak masih duduk di bangku sekolah dasar dulu.

Ketika saya beranjak dewasa popularitas obat GOM kian menurun dan perlahan tergantikan oleh ALBOTHYL yang sangat gencar melakukan promosi di berbagai media dengan membayar selebriti ternama sekelas Syahrini. Akhirnya saya turut berpindah ke obat tetes ini juga.

Bicara tentang obat sariawan oles, ada satu hal yang membuat saya resah yaitu bahan yang digunakan di dalam cairan obat tersebut. Apakah seluruhnya aman? Jika tidak aman secara keseluruhan maka efeknya akan buruk pada pengguna karena kemungkinan cairan obat ini untuk tertelan cukup besar. Terlebih pada anak-anak.


Belakangan ini baru saya ketahui jika Albothyl disinyalir tidak cukup aman untuk digunakan sebagai obat oral. Di sebuah forum kedokteran diterangkan bahwa Albothyl bekerja mematikan jaringan yang dikenainya. Sudahkah Anda membacanya juga?

Berdasarkan pengalaman saya selama memakai obat ini, pertama-tama sariawan akan berubah warna menjadi putih pada bagian yang teroles dengan cairan obat. Saat pertama dioles memang rasanya sangaattt perih. Beberapa detik kemudian setelah cairan obatnya terserap oleh luka sariawan, rasa perih sudah hilang sama sekali seperti diberikan anestesi. Kemudian warna yang tadinya putih perlahan berubah gelap.

Awalnya warnanya putih kemudian menjadi merah tua seperti gumpalan darah kotor dan setelah itu berubah menjadi kehitaman. Sekarang saya baru tahu jika hal ini disebabkan oleh jaringan yang mati. Memang sih langsung bisa makan bakso pakai sambal. Tapi kan...?!

Kesimpulan

Hmm... Setelah saya pertimbangkan matang-matang sepertinya saya akan beralih pada merk obat sariawan yang lain saja. Kawan saya yang adalah seorang dokter menyarankan sebuah obat sariawan oles yang tidak perih. Nama obat itu adalah Kenalog.

Menurut dia selain memiliki beberapa keunggulan obat ini juga tergolong jauh lebih aman. Beberapa keunggulannya adalah tidak menyebabkan rasa perih ketika dioles dan juga aman jika tidak sengaja tertelan. Tapi bukan berarti bisa ditelan seenaknya ya? Hehe...

Bisa dibayangkan jika yang tertelan adalah obat yang bekerja mematikan jaringan. Hal apa yang kiranya akan terjadi pada anggota tubuh di dalam sana. Membayangkannya saja sudah membuat saya merinding. Apakah jaringan tubuh akan berubah menghitam dan mati?. Serem!

Sekarang pilihan ada di tangan Anda apakah akan menggunakan pereda panas dalam, obat sariawan tetes, ataukah obat sariawan alami yang tidak perih dan membuat sariawan cepat sembuh karena semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Oke, sekian dulu postingan kali ini tentang obat sariawan yang paten untuk dewasa dan anak-anak. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel berikutnya, insyaa Allah! XOXO ^_^

(diens)

Posting Komentar untuk "Penyebab Sariawan Beserta Obat Sariawan Akut di Mulut"